BRAGA KU SAYANG BRAGA KU MALANG


Braga Kini

Kawasan Jalan Braga termasuk salah satu aikon Kota Bandung karena nilai historisnya yang melegenda yakni dikenal sebagai Parijs Van Java. Namun seiring waktu daya tarik Braga  semakin pudar hingga wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung enggan  mengunjungi jalan Braga. Sebenarnya berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkot namun apalah daya, maksud Pemkot Bandung untuk mengembalikan citra Braga sebagai kawasan wisata malah justru ”memperburuk citra”.

Jalan Braga amburadul tak pernah istirahat dari perbaikan sejak diganti batu andesit

Maksudnya mempercantik Braga dengan mengganti aspal dengan batuan andesit malah  justru semakin rusak. Mungkin sekarang Braga ini satu-satunya jalan kota di dunia yang mengeluarkan bunyi berisik jika dilewati kendaraan. Bunyi berisik “pletak-pletuk” berasal dari batuan andesit yang goyang dan tidak rata serta akan semakin berisik jika kendaraan padat. Praktis sejak selesai diganti dengan batuan andesit jalan ini tidak pernah istirahat dari perbaikan. Saya jadi berpikir jarak jalan ini dengan ITB yang menghasilkan para insinyur sipil hanya sejengkal tapi mengapa tidak bisa membuat jalan menjadi bagus? Atau bisa jadi jalan ini akan menjadi terkenal jika kita promosikan sebagai  satu-satunya jalan yang bisa bermain musik pletak-pletuk-gdubrak-pletak-pletuk-gdubrak!! Asyik kan?

9 responses to “BRAGA KU SAYANG BRAGA KU MALANG

  1. ea nama’a juga perbaikan qx pernah ada habisnya,
    mungkin juga jdi slah satu alasan untuk cari uang saku pribadi

  2. sangat disayangkan ya, waktu saya kecil antara tahun 80 an, masih asri bangunan kuno msh terpelihara jalanannya perasaan awet jarang diperbaiki.

  3. nuhun kang

    • Kata Pa Dada Walkot Bandung jalan ini akan tetap dipertahankan dengan menggunakan batuan andesit, karena katanya rusaknya akibat adanya proyek pembangunan hotel di kawasan jl. Braga.

  4. thanks bro, nuhun artikle-na

  5. program jangka panjang dan jangka pendeknya terlalu kurang dikarenakan terlalu banyak teuing jangka imahna…..

  6. Setyadarma R Kartadipura

    Mungkin ada niat lain yang tersembunyi saat mau menggantinya dengan batu andesit, sehingga Alloh tidak meridloinya……
    Atau kurang jelas dan tidak seimbang antara program jangka panjang, jangka pendek dan jang ka imah……..

Tinggalkan komentar