Jajangkungan (Egrang)


Kita yang pernah mengalami hidup masa kanak-kanak tahun 70 an, tentu masih ingat berbagai permainan tradisional anak-anak yang sering dimainkan. Diantara jenis permainan anak-anak tempo dulu ialah jajangkungan (egrang). Sebenarnya permainan ini belum punah alias masih suka dimainkan oleh masyarakat khususnya anak-anak pedesaan.

images

Bermain Jajangkungan (Egrang)

Namun harus diakui untuk sebagian masyarakat kota permaianan tradisional ini menjadi sangat asing. Itu jadi salah satu alasan Dinas Pariwisata Jawa Barat berusaha keras untuk memperkenalkan kembali berbagai jenis permainan tradisional sunda lewat kegiatan yang dinamakan ALIMPAIDO.

Permainan Egrang termasuk jenis permainan ketangkasan yang memerlukan ketrampilan dan keberanian. Egrang umumnya dibuat dari bambu yang panjangnya antara 1½ – 3 meter atau tergantung dari kebutuhan. Di bagian bawah kurang lebih 30 – 60 cm dari dasar dibuat tempat pijakan kaki.

Bermain egrang sangat mengasyikan bila dimainkan berkelompok dan bisa juga dikombinasikan dengan permainan sepak bola atau adu kecepatan. Atau sering juga penilaian pada ketahanan berjalan di atas egrang atau saling tendang. Siapa yang jatuh dialah yang dinyatakan kalah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s