10 Faktor Daya Tarik Bandung


“Jangan pernah keluar rumah pada hari sabtu dan Minggu, kecuali siap kecewa”, kata kawan saya mengingatkan. Walaupun kalimat itu diucapkan sambil bercanda, tetapi bukan berarti tanpa alasan.
Ya, ada benarnya apa yang dikatakan kawan. Tengok saja setiap hari Sabtu dan Minggu, terlebih lagi hari libur panjang maka jalanan di Kota Bandung menjadi macet. Tentu saja tidak semua ruas jalan macet karena ada wilayah tertentu yang masih normal. Khusus untuk wilayah Bandung Utara pada hari Sabtu dan Minggu biasanya didominasi kendaraan bertanda B.
Lalu apa sebenarnya yang menarik dari Kota Bandung ini sehingga banyak dikunjungi wisatawan? Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota bandung, antara lain:

1. Nilai Historis. Sudah lama Kota Bandung dikenal sebagai Varijs Van Java atau Kota Kembang. Bahkan dunia Internasional mengenal Bandung sebagai Kota Asia –Afrika lewat Konferensi Asia-Afrika yang berhasil mendorong kemerdekaan negara-negara di Asia dan Afrika. Para wisatawan mungkin merasa penasaran ingin mengenal lebih dekat bagaimana Kota Varijs Van Java atau Kota Kembang tersebut. Hal ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

2. Akses Tranportasi. Sarana transportasi sangat berpengaruh terhadap minat wisatawan untuk berkunjung ke Bandung. Tol Cipularang memberikan andil yang sangat besar terhadap warga Jakarta untuk datang ke Bandung. Jarak tempuh yang biasanya 5 jam menjadi 2 jam sungguh menjadi daya tarik tersendiri bagi warga ibukota untuk menikmati liburan di Bandung. Hal ini ditunjang pula dengan adanya jalan layang Pasopati yang mempermudah akses menuju kawasan Jl. Dago dan Riau. Bagi wisatawan mancanegara transportasi dipermudah dengan adanya Bandara Husein Sastranegara. Wisatawan asing yang paling banyak datang ke Bandung melalui Bandara Husein yaitu dari Malaysia dan brunai.

3. Udara Yang Sejuk. Walaupun Bandung tidak sesejuk tahun 80 an, tetapi orang dari luar kota khususnya dari jakarta tetap merasa bahwa Kota Bandung berhawa sejuk, apalagi jika musim hujan tiba. Kesejukan udara Bandung menjadi daya tarik bagi warga luar kota yang berudara lebih panas.

4. Wisata Alam. Karena letak geografis Bandung di atas pegunungan maka daya tarik alam menjadi salah satu tujuan wisata. Yang paling populer adalah kawasan Lembang dengan Tangkuban Perahunya. Dari sini juga wisatawan bisa langsung menuju Ciater dengan wisata air panas dan perkebunan teh yang sebenarnya termasuk wilayah Kabupaten Subang. Wisata alam kawasan Ciwidey Bandung Selatan juga sangat menarik wisatawan domestik.
5. Wisata Kuliner. Banyak wisatawan yang datang ke Bandung karena tertarik dengan beragamnya jenis makanan. Kreatifitas warga Bandung dalam menciptakan menu dan jenis makanan baru turut andil dalam mendatangkan wisatawan. Dari mulai makanan yang disajikan di restoran, rumah makan, cafe dan roda dorong dipinggir jalan. Wisatawan rata-rata menyatakan puas dengan jenis makanan yang tersedia dengan harga yang ”murah”.

6. Wisata Outlet. Saya perhatikan setiap hari Sabtu dan Minggu outlet yang ada di kawasan Jl.Riau selalu penuh sesak oleh wisatawan ibukota. Entah daya tarik apa warga ibukota senang ke outlet, karena orang Bandung sendiri kurang suka berbelanja di outlet.

7. Harga Murah. Barang-barang yang dijual di Bandung relatif lebih murah dibandingkan dengan Jakarta. Apalagi untuk harga makanan rata-rata wisatawan mengatakan murah. Wisatawan Malaysia biasa berbelanja di Pasar Baru dalam jumlah besar untuk dijual di negara asalnya.

8. Budaya. Bandung dengan kekayaan budaya sundanya sudah sangat dikenal bukan saja oleh masyarakat luar Jawa Barat, tetapi juga oleh wisatawan mancanegara. Jenis kesenian yang menarik keingintahuan pendatang antara lain seni wayang golek, angklung, kawih, tari jaipong, dan seni lainnya. Bandung juga dikenal sebagai gudangnya seniman musik modern. Banyak artis dan group Band terkenal berasal dari Bandung. Demikian juga budaya ramah orang Bandung dengan senyum sapanya menjadi daya tarik tersendiri. Tentang kermahtamahan ini jangan diukur secara kasuistis, tapi lihatlah secara umum walaupun harus diakui telah terjadi pergeseran nilai.

Delapan faktor yang saya uraikan di atas hanyalah berdasarkan penilaian pribadi, bukan berdasarkan hasil survey. Jadi kebenarannya tidak mutlak benar bahkan bisa saja salah. Saya menunggu Anda untuk melengkapi 2 faktor lagi hingga genap 10. Benar dan salah saya serahkan kepada pembaca. . Terima kasih atas sharingnya.

Iklan

3 responses to “10 Faktor Daya Tarik Bandung

  1. Nu kasalapan someahna warga Bandung sareng kasapuluh rasa aman, nyaman masih karaos.

  2. wah jadi ingin jalan2 di bandung nih,,,,,biar rasakan dinginnya udara kota,tapi kira kira kapan yah???????????

  3. faktor ke ke 9 dan 10 adalah cinta dan kasih sayang…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s